Bontang Pagi Tadi Diguncang Gempabumi Tektonik 3.8 SR

Tidak Berpotensi Tsunami

Selasa, 27 Maret 2018, tepatnya pukul 05:51:58 Wita warga  Bontang dan sekitarnya dikejutkan dengan guncang gempabumi tektonik. Berdasarkan Hasil analisa BMKG memberikan hasil gempa bumi tersebut diperkirakan berkekuatan 3.8 SR. Gempabumi ini berlokasi 1.01 LU dan 118.20 BT atau sekitarnya 127 kilo meter (KM) timur laut  Kota Bonta, Kalimantan Timur (Kaltim).

Dampak gempabumi ini dirasakan di Kota Bontang dan sekitarnya. Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan sebesar skala intensitas I SIG-BMKG (II-III MMI).

Jika ditinjau dari dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dengan kedalaman dangkal diakibatkan oleh pergerakan patahan (sesar ) sangkulirang. Berdasarkan peta tatanan tektonik, di wilayah Bontang terdapat patahan – patahan lokal yang merupakan system  Patahan Sangkulirang yang dapat memicu terjadinya gempabumi. Hingga pukul 09:00 Wita,

Hasil monitoring BMKG tidak/belum menunjukkan adanya gempabumi susulan. Kepada masyarakat Bontang dan sekitarnya dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh adanya isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (pst)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.