Diduga Tali Kemudi Setir Putus, Speedboat Terjang Pohon Bakau

Duka kembali menghampiri perairan Kalimantan Utara dimana telah terjadi Kecelakaan (Laka) Laut pada Selasa (22/5). Dimana satu unit Speed Boat yang berangkat dari Kabupaten Malinau menuju kota Tarakan mengalami kecelakaan akibat diduga menabrak pohon bakau di pinggir sungai.

Berdasarkan hasil pantauan dilapangan kondisi speedboat tampak rusak parah, begitupun dengan kondisi penumpang yang sebagian dari mereka adalah anak-anak mengalami luka-luka dan menurut informasi yang didapat hingga saat ini ada 4 orang korban yang dinyatakan meninggal dunia.

Belakangan diketahui nama speed nahas tersebut adalah SB Harapan Baru Express yang berkapasitas 35  orang penumpang dan mengalami kecelakaan di Perairan sungai Tanjung Urong Desa Sengkong – Bebatu, Kab Tanah Tidung (KTT), Kaltara.

Dari 35 orang penumpang yang terdaftar di manifest terdiri dari 28 Org penumpang dewasa, 4 anak dan 3 anak buah kapal (Abk).

Dari beberapa informasi yang dihimpun dari lapangan salah satu penyebab kecelakaan yang mengejutkan banyak pihak ini adalah, diduga Tali Setir Kemudi yang menghubungkan Setir pengendali di depan dengan mesin di belakang putus. Sehingga speed tidak dapat dikendalikan oleh Juragan Dan akhirx speed boat tidak terkendali dan mengarah langsung ke pinggir sungai dan langsung manabrak pepohonan  di LKP.

Saat Ini masih masih dilaksanakan idetifikasi data lengkap para korban yang selamat, daftar Sesuai Manifest:

Penumpang Dewasa:

Hadi, Saiful, Kadis, Merry, Erna, Amar, Aswar, Riska, Pras, Petrus, Ina, Yul, Ernawati, Suriyani, Novita, Ikhlas, Razia, Sapri, Stevanus, Novi, Julita, Waluyo, Ambar, Hamza, Srulin, Rumahan, Kami dan Knurl

Penumpang Infant/Anak2:

Bina, Rini, Putri dan Nadira

ABK :

Iskandar (Juragan), Blm diketahui, Belum diketahui

Seluruh korban di evakuasi untuk medapat perawatan medis lebih lanjut di Tarakan dengan menggunakan speed boat yang kebetulan lewat di LKP. (sumber Kantor Pencarian & Pertolongan Kelas A Balikpapan (Kaltimra) (pst)

Leave A Reply

Your email address will not be published.