Speed Boat Tri Tungal Dewi Kandas, Penumpang Turun ke Laut Menarik 

Jumat (7/12/2018) siang, Speed boat Tri Tungal Dewi Gt. 16, yang dinahkodai Mustamin dari Tarakan Tujuan Tanjung Selor mengalami Insiden, Kandas di muara sungai Tanjung, kabupaten Bulungan, Kalimantan utara.

Dari informasi yang diterima ,speed yang membawa 50 penumpang dewasa dan 1 anak, berangkat pukul 11.10 wita , dalam pelayaran sekira pukul 12.30 Wita, kapal mengalami kecelakaan kandas di perairan yang dangkal.

Salah seorang penumpang, Roy Pahlavi mengatakan, Ia dari Tim mitigasi resiko dari Balai KIPM Tarakan bersama 5 orang rekannya, termasuk puluhan penumpang lainya terpaksa harus menunggu sekira 1 jam di perairan muara sungai tanjung.

“Tidak hanya itu kami juga terjun kelaut membantu menarik speed, hingga akhirnya speed sudah bisa ditarik ke area yang lebih dalam pada pukul 13.00 Wita dan langsung melanjutkan perjalan ke Tanjung Selor” Ungkapnya.

Sementara itu , komndan Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) dari Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan(KSOP) kelas III Tarakan , Syaharuddin menjelaskan, kejadian di muara sungai Tanjung, dugaan sementara dari nakhoda jarak pandang yang terbatas di karenakan hujan deras secara tiba2 dalam perlayaran. “Lepas dari posisi kandas sekira pukul 13.00 wita dan telah Tiba di Tanjung Selor sekira pukul 14.00 wita” kata Syaharuddin.

“Alhamdulillah dalam kecelakaan ini tdk ada korban jiwa, Sementara kapal akan kita periksa untuk memastikan kondisi kapal apakah masih dalam keadaan baik. Dan pelayaran speed tersebut kami tunda untuk sementara waktu” ujar Syaharuddin.

Dan ia juga mengimbau agar para awak kapal khususnya Nakhoda agar lebih berhati-hati lagi mengingat kondisi cuaca di Kaltara tidak menentu. “Lebih waspada untuk mencegah terjandinya hal-hal yang tidak kita inginkan”, pesannya. (mul/pst)

Leave A Reply

Your email address will not be published.