Sambut New Normal, Plywood Kaltara Tetap Berlayar ke US

Tarakan – Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Tarakan kembali memfasilitasi ekspor plywood asal Kalimantan Utara (Kaltara) sebanyak 60,76 meter kubik dengan nilai ekonomis Rp. 459 juta dengan tujuan negara Amerika Serikat (9/6). Drh. Akhmad Alfaraby Kepala Karantina Pertanian Tarakan mengungkapkan bahwa pihaknya akan siap memfasilitasi ekspor komoditas pertanian dari segala sub sektor. Hal tersebut sebagai bentuk komitmen dalam mendukung Gratieks ( Gerakan Tiga Kali Ekspor) yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian. 

Karantina Pertanian memfasilitasi ekspor dengan memberikan jaminan keamanan dan kesehatan sesuai standar internasional, hal ini merupakan persyaratan negara tujuan ekspor. Jika diperlukan negara tujuan komoditas pertanian yang akan diekspor akan dilakukan tindakan perlakuan.
Menurut drh. Alfaraby, walaupun di tengah wabah Covid-19 permintaan produk olahan dari sub sektor kehutanan terus meningkat. Plywood asal Kaltara tetap rutin diekspor ke Amerika Serikat.

Drh. Alfaraby juga menyampaikan data ekspor Plywood yang difasilitasi selama kuartal pertama tahun 2020 sebanyak 3.040,95 meter kubik dengan nilai ekonomis Rp 19,8 miliar. Selain tujuan Amerika, Plywood Kaltara juga di ekspor di India dan Malaysia.

#LaporKarantina
#KarantinaTarakan

Leave A Reply

Your email address will not be published.