Lindungi Diri dan Keluarga Ketika Sakit, Sugi Utamakan Daftar Jadi Peserta JKN-KIS

Tarakan – Memiliki jaminan kesehatan merupakan suatu keharusan. Inilah prinsip dasar yang dipegang Memiliki jaminan kesehatan merupakan suatu keharusan. Inilah prinsip dasar yang dipegang oleh Sugiyanto (45), warga Kelurahan Pamusian, Kota Tarakan. Sebagai seorang kepala keluarga, pria yang sehari-harinya menghabiskan waktu duduk di depan kemudi saja membuat Sugi, sapaan akrabnya, tidak bisa menghindari sakit-penyakit yang bisa datang kapan saja di dalam tubuhnya. Oleh karenanya, dengan memiliki jaminan kesehatan, Sugi menjadi lebih tenang jika sewaktu-waktu terkena sakit penyakit.

“Saya telah memiliki jaminan kesehatan yaitu dengan menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang didaftarkan oleh perusahaan saya bekerja. Bagi saya Kartu JKN-KIS ini memiliki manfaat yang sangat banyak. Dengan Kartu JKN-KIS saya sudah beberapa kali melakukan pengobatan dan pelayanan yang saya dapatkan selalu memuaskan,” tutur Sugi saat ditemui Tim Jamkesnews, Jumat (29/05).

Lebih lanjut, Sugi menceritakan kondisinya yang pernah memiliki sakit gula darah. Bukan suatu hal yang mudah bagi Sugi, terlihat dari penurunan berat badannya yang cukup signifikan. Beruntung Sugi telah menjadi bagian dari Program JKN-KIS, sehingga dirinya dapat menjalani pengobatannya dengan tenang.

“Alhamdulillah saya merasa terbantu sekali dengan kartu JKN-KIS ini, dalam menjalani pengobatan gula darah kemarin. Saya bukan hanya sekali dua kali berobatnya, tapi berkali-kali. Alhamdulillah semua prosesnya berjalan dengan baik. Tidak ada kesulitan yang berarti yang saya hadapi. Saya cukup rutin membayarkan iuran JKN-KIS yang telah dipotong oleh perusahaan dari pendapatan saya. Lalu ketika sakit, saya tinggal menunjukkan KIS ke fasilitas kesehatannya,” lanjut Sugi.

Selain untuk pengobatan gula darahnya, Sugi juga rutin menggunakan kartu JKN-KIS miliknya untuk pengobatan lainnya seperti demam, batuk, dan pilek yang tak kunjung sembuh. Penyakit ringan seperti ini mungkin terlihat tidak terlalu membebani, namun jika berkali-kali dan harus menggunakan biaya pribadi menurutnya cukup menghabiskan banyak uang. Oleh karenanya, dengan memiliki kartu JKN-KIS dirinya tidak perlu panik lagi saat harus berobat. (adv/oki)

Leave A Reply

Your email address will not be published.