Dorong Pencapaian SDGs, FPIK UHO Gelar Seminar Nasional

KENDAR -fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Halu Oleo (UHO) akan menggelar Seminar Nasional Perikanan dan Kelautan Berkelanjutan (PKB) untuk ketiga kalinya dilaksanakan secara berturut-turut. Gelaran tersebut akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 14 September bertempat di Hotel Claro Kota Kendari.
Seminar Nasional (PKB) ini merupakan rangkaian dari ulang tahun RI ke-74, Dies Natalis UHO ke-38 dan ulang tahun perikanan UHO ke-25. Tema yang diusung adalah “Impementasi Inovasi IPTEK Perikanan dan Kelautan dalam Mewujudkan Pencapaian Sustainable Development Goals”.
Tema tersebut menekankan pentingnya transformasi daya saing IPTEK kemaritiman yang lebih kompetitif dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) pada tahun 2030.
Ketua panitia seminar, Ahmad Mustafa mengatakan bahwa Sultra memiliki potensi keunggulan dari aspek geografis sebagai provinsi kepulauan dimana konsep pembangunan berkelanjutan yang dituangkan dalam 17 target SDGs sangat terkait dengan rencana pembangunan daerah.
“Ya, saat ini pembangunan nasional dan daerah wajib mengadopsi indikator SDGs. Dalam seminar nantinya kami mengharapkan adanya ide-ide visioner khususnya terkait inovasi IPTEK bidang kelautan dan perikanan atau kemaritiman untuk mendukung ke-17 target capaian SDGs”, sambung Ahmad saat dikonfirmasi.
Ke-17 target capaian SDGS tersebut menjadi tantangan daerah agar dapat mengoptimalkan sumber daya yang tersedia dengan tetap beorientasi pada pembangunan berkelanjutan. Beberapa target SDGs tersebut antara lain pengentasan kemiskinan, ketahanan pangan, pendidikan inklusif, kesetaraan gender, pertumbuhan ekonomi yang inklusif, infrastruktur tangguh, produksi dan konsumsi berkelanjutan, restorasi ekosistem, dan pemanfaatan secara berkelanjutan sumber daya kelautan dan samudera untuk pembangunan berkelanjutan.
Sejumlah 96 peserta akan mengambil bagian menjadi pemakalah pada seminar nasional PKB III tahun 2019 ini. Pemakalah – pemakalah tersebut berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, kementerian dan lembaga, Dinas Perikanan dan Kelautan, LSM dan praktisi bidang kemaritiman.
Seminar ini nantinya akan menghadirkan tiga narasumber nasional. Narasumber tersebut adalah Dr. Ir. Sugeng Santoso, MT, staf ahli bidang ekonomi maritim Kementerian Koordinator Kemaritiman RI, Dr. Ir. Luky Adrianto, M.Sc, Ketua Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Perikanan dan Kelautan Indonesia (FP2TPKI) dan Dr. Arwandrija Rukma, Director-Policy (Pragrammatic) dari Rare Indonesia. Sementara sebagai opening speakers, gelaran ini akan menghadirkan Rektor UHO Prof. Muh. Zamrun Firihu dan Gubernur Sultra, Ali Mazi SH sekaligus akan membuka rangkaian kegiatan seminar.

Rusham muhu

Leave A Reply

Your email address will not be published.