8 Ribuan Siswa Lakukan Daftar Online

Ilustrasi

TANJUNG SELOR – Berdasarkan data panitia pelaksana Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kalimantan Utara (Kaltara), hingga Senin (22/6) tercatat yang telah mengajukan pendaftaran sekitar 8 ribuan siswa dan yang telah terverifikasi sekitar 7 ribuan. Data ini diambil dari pendaftaran yang menggunakan sistem online. “Untuk pendaftaran yang menggunakan sistem offline, kami belum menerima resminya. Namun berdasarkan laporan dari kepala sekolah terkait, hampir semua kuota terpenuhi,” kata Amat, Ketua PPDB Kaltara,  baru-baru ini.

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltara tersebut mengungkapkan, pelaksanaan PPDB yang awalnya direncanakan dilaksanakan pada 15 hingga 20 Juni akhirnya dilakukan penyesuaian. “Pendaftaran diperpanjang hingga Selasa (23/6),” ungkapnya.

Hal ini dikarenakan banyak pelajar dari daerah 3T baru datang di akhir masa pendaftaran. Kemudian banyak dari mereka mereka tidak punya peralatan dan akhirnya dibantu oleh pihak sekolah, terutama untuk pendaftar di SMK. “Selain itu, ada juga pelajar di kota yang telah mendaftar, namun berkasnya masih salah dalam melakukan pengisian formulir. Dan, di hari ketiga pendaftaran, kami beri kesempatan untuk melakukan pendaftaran kembali dengan catatan mereka mengajukan pembatalan pendaftar pada sekolah tujuan,” urainya.

Sementara itu pendaftaran di sekolah yang baru dioperasikan, dijelaskan Amat bahwa saat ini hampir semua kuotanya terpenuhi. Terutama jenjang SMA. “Memang ada beberapa sekolah yang belum terpenuhi kuotanya, namun permasalahan tersebut juga telah disiapkan solusinya dengan cara distribusi calon siswa. Dimana, siswa yang memiliki nilai bagus namun tidak lolos di sekolah pilihannya akan dihubungi Cabang Disdik kemudian ditawarkan untuk bersekolah disana,” tutupnya.(humas)

Leave A Reply

Your email address will not be published.