Gedung Perpusda Kaltara Bakal Rampung Tahun Ini

TANJUNG SELOR – Ditargetkan, tahun ini fisik gedung Perpustakaan Daerah (Perpusda) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) selesai dibangun. Gedung berlantai 5 yang berada di kawasan pendidikan dan pelatihan terpadu, Jalan Rajawali, Perum Korpri, Jelarai Selor itu diharapkan akan menjadi salah satu tempat yang representatif di Kaltara.

Diungkapkan kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kaltara, Hermawan, Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie telah menginstruksikan agar nantinya gedung Perpusda Kaltara tak hanya menjadi sekedar menyajikan buku bacaan berkualitas. “Namun, lebih kreatif dan inovatif lagi peranannya. Yakni, sebagai tempat untuk bersantai dan berekreasi warga Kaltara atau luar Kaltara,” jelasnya.

Setelah fisik terbangun, rencananya akan diusulkan pula penyediaan fasilitas penunjang fungsi gedung tersebut. “Fasilitas yang nanti disediakan, diharapkan dapat lebih memaksimalkan peranan Perpusda dalam meningkatkan kegemaran membaca warga Kaltara,” tuturnya.

Sementara itu, progress pembangunan gedung Perpusda Provinsi Kaltara sendiri, hingga 16 Desember 2019 sudah mencapai 83,736 persen. Capaian tersebut, digambarkannya sudah berbentuk gedung. “Secara fisik, sudah terbangun gedungnya. Saat ini, kami menunggu kedatangan material untuk kelanjutan pengerjaan fisik yang tersisa. Yakni, kusen dan kaca,” katanya. Material tersisa itu dipesan dari luar daerah, dan difabrikasi khusus.

Anggaran pembangunan gedung berlantai 5 itu, sekitar Rp 16 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). “Untuk kelanjutan pembangunannya, tengah dikomunikasikan dengan sejumlah pihak terkait sehingga dapat tuntas 100 persen,” tutupnya.(humas)

Leave A Reply

Your email address will not be published.