Ternyata di Maratua Juga Terdapat Goa Yang Keren Loh

Kekayaan hayati dan keindahan alam wisata bahari kepulauan Derawan tentu tak perlu dipertanyakan lagi. Hamparan pasir putih yang dihiasi beningnya air laut dan panorama bawah laut yang memesona dengan berbagai kekayaan laut didalamnya membuat kepulau Derawan yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini menjadi magnet bagi para wisatawan pecinta wisata Bahari.  

Namun kali ini, pesonatimur.com tidak akan membahas mengenai eksotisme pantai dan bawah laut Derawan melainkan kami akan mengajak anda untuk mengeksplor kekayaan Derawan Lainya yakni beberapa Goa tersembunyi yang ada di kepulauan Derawan tepatnya yang berada di Pulau Maratua.

Pulau Maratua adalah salah satu pulau cantik dan eksotis di ujung Kalimantan yang terletak di Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur.Dan pulau ini adalah pulau terluar Indonesia yang berbatasan dengan Negara Malaysia.Pulau ini dekat dengan Pulau Derawan hanya butuh waktu satu jam untuk sampai ke pulau ini dari Pulau Derawan jika menggunakan speedboat, Berikut beberapa Gowa yang memiliki keindahannya tersendiri yang patut di eksplor.

  1. Goa Haji Mangku/Goa Halo Tabbing

Goa Haji Mangku atau biasa disebut Goa Halo Tabung ini, menurut sejarahnya pertama kali ditemukan oleh Bapak Haji Mangku. Sehingga nama sang penemu pun diabadikan atas goa yang terletak di pulau Maratua ini. Meskipun pada akhirnya Goa ini sekarang berubah nama menjadi Goa Halo Tabung.

Akses menuju kesini bisa dicapai dengan jalur darat dan bisa juga dengan jalur laut. Jika dengan jalur darat dari Pulau Maratua kita menuju ke Desa Payung-payung dengan menggunakan motor kemudian dilanjutkan lagi dengan berjalan kaki menyusuri pinggiran pantai disamping himpitan bebatuan karang.

Dan jika ingin lebih cepat bisa melalui jalur laut dengan menggunakan speedboad. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan melewati hutan sekitar 5 menit saja untuk sampai di goa ini. Goa ini berair payau,sangat jernih dan berwarna biru sehingga membuat kita merasa nyaman bila berenang disini. Kedalaman air disini kira-kira sekitar 20-30 meter

2 Goa Sembat

Goa satu ini terletak di Desa Bohesilian, Kecamatan Maratua. Akses menuju goa ini tidak sulit dan jarak dari desa juga tidak terlalu jauh. Dari perumahan warga kita menuju goa sembat selama kurang lebih 20 menit dengan berjalan kaki melewati hutan yang masih terjaga dan semak belukar.

pesona Goa Sembat di Maratua

Di pintu masuk Gua Sembat di bagian kanan atasnya terlihat batu yang berbentuk seperti kepala manusia. Goa ini termasuk dalam tipe goa horizontal dan berair. Rasa airnya bercampur rasa asin dan tawar. Air disini sangat jenih dan berwarna biru sehingga kita bisa berenang di dalam goa ini. Air di dalam goa ini mengikuti pasang surut air laut. Kondisi di dalam goa mendapat pengaruh dari tetesan air perkolasi sehingga mampu membentuk beberapa ornamen goa seperti stalagtit, stalagmite, dan flowstone. Goa ini juga dimanfaatkan oleh warga sebagai sarang walet karena goa ini adalah habitatnya burung walet.

  1. Goa Mulut Besar Marasa

Goa mulut besar atau biasa disebut goa kelelawar ini berada 500 meter sebelum pintu gerbang Kampung Merasa. Dinamakan Goa Mulut Besar karena diameter mulut goa ini tingginya mencapai 10 meter dengan lebar 20 meter.DI dalam goa terdapat banyak kelelawar dan juga banyak batu-batu alam yang terbentuk sejak jutaan tahun lalu. Di dalam sangat gelap sekali karena cahaya matahari tidak masuk ke dalam goa, jadi jika mau kesini harus membawa senter.

Leave A Reply

Your email address will not be published.