Asyiknya Berwisata di Pekebunan Jeruk Tolitoli

Tolitoli – Kabupaten Tolitoli yang selama ini dikenal sebagai Kota Cengkeh, ternyata memiliki banyak objek wisata. Kekayaan alam dan potensi pariwisata Tolitoli ini pun cukup beragam, mulai dari yang paling popular saat ini pantai dan surga bawah lautnya, wisata alam seperti air terjun, hutan dan gunung, kearifan lokal khas budayanya dan yang akan kita bahas kali ini adalah potensi agrowisatanya.

Agrowisata di Tolitoli pun cukup beragam meski belum banyak diketahui orang salah satunya perkebunan jeruk yang terletak di Dusun Bambuan, Desa Ogomatanang, Kecamatan Lampasio, Kabupaten Tolitoli yang berjarak sekitar 1 (satu) jam dari pusat Kota Tolitoli.

Perkebunan jeruk yang dikelola oleh kelompok tani ini memiliki luas kurang lebih 40 hektar, dengan 2 (dua) jenis jeruk yaitu jenis madu sari dan interegas.

Bahar salah satu petani jeruk yang memiliki luas lahan perkebunan sekira 1.5 hektar ini, menuturkan bahwasanya Ia sekali panen bisa menghasilkan Nominal hinga Rp 55 – 60 juta dan biasanya mereka menjual hasil panennya ke kalimantan dan di beberapa daerah Sulawesi Tengah (Sulteng).

“Disini setiap akhir pekan banyak pengunjung yang datang dari Kota Tolitoli, entah itu tujuannya hanya sekedar Foto-foto ataupun membeli jeruk langsung dari tempatnya”, ungkap Bahar.

Dan yang menariknya lagi ditempat ini pengunjung bisa langsung memetik jeruk dari pohonnya sambil menikmati pemandangan alam yang sejuk disekitar perkebunan jeruk. Bukan hanya itu, pengungjung juga bisa mancing ikan air tawar di sungai yang berada disekeliling perkebunan jeruk tersebut. (pst/adr)

Post : Adris

Leave A Reply

Your email address will not be published.