Berbuat Baik di Bulan yang Baik

TOLI-TOLI – Komunitas Lingkar Pemuda Toli-toli kembali turun melaksanakan kegiatan penyaluran Al-Qur’an untuk masji-masjid yang ada di Kabupaten Tolitoli. Tahun ini, Lingkar Pemuda Tolitoli menfokuskan kegiatan penyaluran Al-Qur’an di Kecamatan Dampal Utara Kabupaten Tolitoli.
Adapun kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun serta menjadi program tahunan Lingkar Pemuda Tolitoli di bulan suci ramadan. Tahun ini penyaluran Al-Qur’an dilaksankan pada tanggal 22 Mei 2019 bertepatan dengan 17 Ramadhan.
Program ini sudah terlaksana sebanyak tiga kali di Kecamatan yang berbeda namun masih di wilayah Kabupaten Tolitoli. Untuk pertama kalinya kegiatan ini dilaksanakan di Kecamatan Dondo yang merupakan daerah tempat kelahiran para pendiri Lingkar Pemuda Tolitoli serta ketua umum pertama Lingkar Pemuda Tolitoli untuk dua periode berturut-turut yang berasal dari Kecamatan Dondo.
Untuk penyaluran yang kedua dilaksanakan untuk wilayah Kecamatan Basidondo dan kegiatan ketiga tahun ini kami fokuskan untuk wilayah Kecamatan Dampal Utara.
“Kegiatan ini kami laksanakan dikarenakan munculnya keresahan-kerasahan yang terjadi dikalangan masyarakat tentang tidak adanya koleksi Al-Qur’an yang tersimpan di Mesjid-mesjid yang ada di desa mereka. Terkadang membuat mereka tidak bisa membaca ayat suci Al-Qur’an ketika berada di Mesjid karena tidak adanya persedian Al-Qur’an. Jika pun ada, sudah kusam bahkan tidak bisa terbaca lagi karena kurangnya perawatan terhadap Al-Qur’an yang ada di Mesjid,” ungkapnya. Mengetahui hal tersebut, Pemuda Tolitoli membuat sebuah terobosan yang terkesan mustahil untuk terlaksana, disebabkan Lingkar Pemuda Tolitoli tidak mempunyai dana tersendiri untuk melaksanakan kegiatan Penyaluran Al-Qur’an tiap tahun.
Namun hasil kerja keras para pengurus serta pendiri Lingkar Pemuda Tolitoli ternyata membuahkan hasil dengan baik. Serta adanya orang-orang yang mau menjadi Donatur tetap di setiap kegiatan penyaluran Al-Qur’an tiap tahunnya. Para Donatur berasal dari berbagai daerah di Indonesia bahkan ada pula donator yang tinggal di Arab Saudi yang bersedia dengan suka rela mengelurkan donasinya hampir disemua kegiatan yang dilaksanakan oleh Lingkar Pemuda Tolitoli.
“Akan tetapi kami tetap selalu termotivasi untuk melaksanakan kegiatan ini tiap tahunnya di Kecamatan yang berbeda di Kabupaten Tolitoli di saat bulan suci ramadan tiba,” jelasnya.
Bercerita mengenai suka dan duka dalam kegiatan ini pasti selalu. Namun itu tidak menyurutkan niat kami untuk terus berbuat baik dan memberikan bantuan ke masyarakat.
Menurutnya, kegiatan ini mendapatkan bantuan dari masyarakat yang ingin mendonasikan sedikit rezeki yang mereka dapatkan dalam pekerjaan ataupun usaha mereka. Kegiatan ini menjadi kegiatan atau program rutin yang kami laksanakan di Komunitas Lingkar Pemua Tolitoli.
“Semoga kegiatan ini terus mendapatkan nilai-nilai positif dari masyarakat khususnya dari pemerintah daerah sehingga kami menjadi tambah semangat untuk melaksanakan kegiatan ini,” ungkanya.
Al-Qur’an ini sudah tiga tahun kami laksanakan secara berturut-turut di tiga Kecamatan berbeda, yaitu di Kecamatan Dondo tahun 2017, di Kecamatan Basidondo tahun 2018 dan di Kecamatan Dampal Utara tahun 2019, Insya Allah tahun berikutnya kami akan laksanakan di Kecamatan Dampal Selatan yang merupakan Kecamatan perbatasan antara Kabupaten Tolitoli dengan Kabupaten Donggala.(pt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.