Desa labonu, titik karantina wilayah tolitoli

Tolitoli: Berdasarkan Keputusan Bupati Tolitoli Nomor 361 Tahun 2020 tentang Penutupan Sementara Jalur Masuk di Kabupaten Tolitoli.

Dalam Keputusan tersebut, penutupan jalur masuk ke wilayah Kabupaten Tolitoli di bagi menjadi 3 (tiga) titik, salah satunya di Desa Labonu Kecamatan Basidondo Kabupaten Tolitoli, Desa Labonu merupakan desa yang berada di jalan trans sulawesi dan juga sebagai pos lintas batas yang menghubungkan antara kabupaten tolitoli dan kabupaten parigi moutong.

Selain itu, desa yang terletak dibagian selatan kota tolitoli ini, merupakan salah satu jalur yang selalu rame di lalui oleh kendaraan roda 2 (dua) dan roda 4 (empat) dari kabupaten tolitoli maupun dari kota kota lain yang ada di sulawesi.

Namun dengan dikeluarkannya Keputusan Bupati Tolitoli tentang Penutupan Sementara Akses Masuk Ke Wilayah Kabupaten Tolitoli karena dampak Virus Corona (Covid-19), maka jalur ini menjadi sepi terlihat dari pemantauan kami di pintu masuk dan keluar wilayah kabupaten tolitoli.

Salah satu Tim Covid-19 kabupaten tolitoli, Koptu. Risman mengatakan, semenjak dikeluarkannya surat keputusan bupati tolitoli tersebut, dihari pertama sampai hari ketiga terjadi penumpukan kendaraan yang berasal dari berbagai daerah di sulawesi yang ingin masuk ke kabupaten tolitoli, hal itu terjadi dikarenakan masyarakat belum tau tentang keputusan bupati tolitoli tersebut. Tuturnya.

Babinsa desa labonu ini juga menambahkan penumpukan tersebut tidak berlangsun lama dikarenakan pihak pemda kabupaten tolitoli dalam hal ini Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tolitoli, menghimbau kepada seluruh warga dan kendaraan yang ingin masuk ke kabupaten tolitoli untuk tidak melanjutkan tujuannya ke tolitoli dan menghimbau untuk kembali ke daerah asal mereka masing masing, dan menurutnya, ada sekitar 21 kendaraan roda 4 diberikan uang transportasi dan uang makan dan jumlahnya tergantung jarak tempuh kendaraan tersebut. Tuturnya.

Adapun jumlah Tim Penanganan Covid-19 kabupaten tolitoli yang bertugas di perbatasan kabupaten tolitoli dan kabupaten parigi ini, terdiri dari personel gabungan TNI 10 orang, Polri 4 orang, Dinas Perhubungan 4 orang, petugas kehatan 6 orang, dan Satpo PP 10 orang. Lanjut Koptu. Risman.

Post: Adris

Leave A Reply

Your email address will not be published.