Eksebisi Seni berbasis Kecamatan di Laulalang Tolitoli Utara

Tolitoli – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Tolitoli melalui Bidang Kesenian telah menyelenggarakan kegiatan Eksebisi Seni berbasis kecamatan pada Kamis (28/19), di lapangan Desa Laulalang, Kecamatan Tolitoli Utara, Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah.

Kegiatan ini merupakan Program Rutin Dinas Pariwisata (Dispar) Tolitoli, bertujuan untuk meningkatkan peran Pemerintah dan Masyarakat di tingkat Kecamatan dalam mewujudkan pembangunan wilayah yang kreatif dan inovatif melalui pengembangan atraksi seni berbasis Pariwisata.

Dalam Sambutannya, Moh Nasir Dg Marumu, Spt, SIP, MSi, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) kabupaten Tolitoli, yang kali ini diwakili oleh Muh Murshalat, S.STP Kepala Bidang Kesenian mengatakan bahwa Event seperti ini merupakan hak yang wajib pemerintah tunaikan kepada masyarakat.

“Sebab kesenian itu sendiri adalah Kebutuhan hidup manusia (Masyarakat) yang wajib dipenuhi, sehingga kami tidak heran jika pada malam hari ini Masyarakat membanjiri lapangan Desa Laulalang ini, dan tentu menjadi indikator bahwa Masyarakat Desa Laulalang sangat antusias untuk memajukan desanya melalui sektor pariwisata, dan hal tersebut sinergi dengan arah kebijakan pembangunan pemerintah daerah kabupaten tolitoli yaitu Dengan menjadikan Sektor Pariwisata menjadi Fokus pembangunan 2019 sampai dengan 2021 mendatang,” tuturnya.

Selain itu Kabid kesenian juga menambahkan bahwa kepala Dinas Pariwisata Tolitoli selalu memberikan Arahan dan penegasan kepada para pejabat dan staf dilingkup dinas pariwisata (Dispar) kabupaten Tolitoli agar Kedisiplinan dan Kinerja merupakan modal utama dalam bekerja serta pembangunan yang tepat sasaran adalah pembangunan yang berorientasi pada pemenuhan hak masyarakat.

Serta dalam kesempatan itu juga Kadis Pariwisata melalui kabid Kesenian menyampaikan bahwa kedepannya Dispar siap bekerjasama dengan pemerintah kecamatan dan desa untuk menyelenggerakan Event berkelas Festival Daerah di Kecamatan Tolitoli Utara serta di kecamatan lainnya yang ada di kabupaten Tolitoli.

Tak lupa pula Kabid Kesenian memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pemerintah Kecamatan Tolitoli Utara dan Desa Laulalang yang telah memberikan ruang kepada Dispar untuk melaksanakan acara tersebut, serta kepada TAC production sekaligus perusahaan penyedia Sound system dan Lighting dibawa pimpinan Bapak M.Yasin A.Luwas yang juga salah satu musisi Legendaris Tolitoli yang mana sejak tahun 2014 hingga saat malam ini masih setia mendampingi Dispar dalam menyelenggarakan event seni dan pariwisata.

“Eksebisi seni berbasis kecamatan ini mulai di laksanakan sejak tahun 2017 yang lalu, dan diawal tahun 2019 ini eksebisi seni pertama kalinya di laksanakan di Desa Laulalang dan cukup menarik perhatian masyarakat” terang Kabid.

Dalam kegiatan ini turut juga dihadiri  beberapa pejabat kecamatan antara lain Camat Tolitoli utara, Kasi Pemanfaatan seni bidang kesenian Ibu Darwana, S.Sos, Kasi Trantib Kecamatan Tolitoli utara, Kepala Desa Laulalang, Kapolsek Tolitoli utara, Babinsa serta Babinkamtibmas Desa Laulalang. (Adr/pst)

Leave A Reply

Your email address will not be published.