Realisasi Pendapatan Daerah Kabupaten Tolitoli Sampai Akhir Tahun Anggaran 2018 Mencapai 94,29%

Tolitoli – Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Tolitoli Tahun 2018, disampaikan oleh Wakil Bupati Hi. Abdul Rahman Hi. Budding di hadapan forum Rapat Paripurna Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tolitoli yang digelar di ruang sidang utama Suwot Lipakat DPRD (Rabu, 10/4). Rapat paripurna DPRD itu dipimpin oleh Ketua DPRD Andi Ahmad Syarif didampingi Wakil Ketua I dan Wakil Ketua II, serta turut dihadiri oleh Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Tolitoli, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan Badan Usaha Milik Negara dan Daerah (BUMN/D) Kabupaten Tolitoli, Pimpinan Perguruan Tinggi Se-Kabupaten Tolitoli; Pimpinan Partai Politik, Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan dan Organisasi Kewanitaan; Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda serta para wartawan media cetak dan elektronik.

Wakil Bupati Tolitoli Hi. Abdul Rahman Hi. Budding saat membacakan pidato tertulis Bupati menyampaikan bahwa pada tahun 2018, tema pembangunan Kabupaten Tolitoli adalah “peningkatan ekonomi kerakyatan melalui infrastruktur dasar dan kapasitas sumber daya manusia”, untuk itu, guna mendukung pemantapan pembangunan daerah Tahun 2018, ditetapkan sasaran pembangunan daerah yaitu optimalisasi pelayanan publik dan penguatan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, penanggulangan kemiskinan dan peningkatan pendapatan masyarakat, mendorong penumbuhan investasi swasta padat modal dan padat karya, peningkatan akses, pemerataan dan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan, percepatan pembangunan infrastruktur dasar dan pengembangan pariwisata daerah dan peningkatan produktivitas, dan penyediaan sarana, prasarana infrastruktur pertanian dan perikanan. Keenam prioritas RKPD Tahun 2018 tersebut merupakan upaya riil dalam melaksanakan misi yang diamanatkan dalam RPJMD 2016-2021, yang diharapkan dapat berdampak pada pencapaian visi  daerah yaitu : Terwujudnya Kabupaten Tolitoli yang Sejahtera, Berkarakter Aktif, Adil dan Religius.

Dari sisi pendapatan daerah tahun 2018 secara umum juga dilaporkan target sebesar 1 trilyun 71,7 milyar rupiah yang terdiri atas komponen Pendapatan Asli Daerah (PAD), komponen pendapatan dana perimbangan dan komponen lain-lain pendapatan yang sah dengan rincian yaitu PAD sebesar 86,91 milyar rupiah, pendapatan dana perimbangan 842,34 milyar rupiah dan lain-lain pendapatan yang sah 142,45 milyar rupiah. Dari target di atas, realisasi pendapatan sampai dengan akhir Tahun Anggaran 2018 sebesar 1 trilyun 10,54 milyar rupiah atau sebesar 94,29%, dengan rincian PAD  80,64 milyar rupiah atau 92,78%, pendapatan dana perimbangan 816,48 milyar rupiah atau 96,93% dan lain-lain pendapatan yang sah 113,42 milyar rupiah atau 79,62 %. Selanjutnya pada sisi belanja daerah, belanja daerah pada Tahun Anggaran 2018 ditargetkan sebesar 1 trilyun 074,21 milyar rupiah dan terealisasi sebesar 990,61 milyar rupiah atau 92,22%.

Pada kesempatan itu juga disampaikan gambaran kinerja penyelenggaraan urusan desentralisasi yang dilaksanakan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli yang meliputi urusan wajib dan urusan pilihan terkait dengan kebutuhan dasar masyarakat sehingga menjadi kewajiban pemerintah daerah untuk menyediakan pelayanan yang prima bagi masyarakat. Pada sisi penyelenggaraan tugas umum pemerintahan, secara keseluruhan relatif terselenggara dengan  baik. Program-program yang terkait dengan penyelenggaraan tugas antara lain pencegahan dan penanggulangan bencana, pembinaan batas wilayah, koordinasi dengan Instansi Vertikal serta penyelenggaraan keamanan dan ketertiban. Sejumlah masalah yang teridentifikasi dalam pelaksanaan program-program tersebut sejauh ini dapat diselesaikan.

Sebelum mengakhiri pidatonya Wakil Bupati mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tolitoli untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan antar sesame terutama menjelang hari pencoblosan dan penghitungan suara pada Pemilihan Umum 2019. “Jangan hanya karena beda pilihan politik, hubungan pertemanan dan silaturahim kita terputus”, kata Wakil Bupati sembari meminta kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tolitoli yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih, untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif. (pst)

Leave A Reply

Your email address will not be published.